Cara Membuat blog Wordpress self Host di Hosting gratisan


Assalamualaikum

images : maxmanroe.com

Wordpress self host, jika di di terjemahkan ke bahasa indonesia berarti "Wordpress hosting sendiri". Yaitu blog wordpress yang tidak di buat menggunakan platform wordpress.com tetapi menggunakan CMS ( Content Management System ) wordpress.
CMS wordpress bisa di download di website resminya yaitu Wordpress.org secara gratis.
Yang Harus sobat siapkan Untuk Membuat blog wordpress selfhost. Yaitu :

1. Nama Domain
Membuat blog wordpress selfhost mengharuskan anda menggunakan Domain TLD ( Top Level Domain ) Seperti .com, net, Info Dsb.
Domain Tersebut bisa dibeli di website registar domain baik yang berlokasi di luar Negeri seperti Goddady.com, namecheap.com maupun dalam negeri seperti idwebhost atau rumahweb dan masih banyak lagi.

Harga Domain TLD berkisar antara 50 ribu - 120 ribu. Belum sanggup beli domain? Tenang saja, sobat masih bisa membuat wordpress selfhost menggunakan domain TLD gratis dari freenom.
freenom menyediakan beberapa ekstensi domain gratis .ga, .ml, .tk dan cf.

2. Hosting
Jika sobat berniat membuat sebuah website seperti portal berita yang di update setiap hari, saya sarankan anda untuk menggunakan hosting berbayar, Idwebhost dan rumahweb adalah salah satu penyedia hosting premium handal indonesia. Tapi untuk yang blog pribadi dengan traffik pengunjung sedikit bisa menggunakan hosting gratis saja. Penyedia hosting gratis diantaranya : idhostinger, 000webhost dll.


Langkah-langkah membuat Blog wordpress selfhost :




  • Setting nameserver domain mengarah ke webhosting sobat.
    pengaturannya tersedia di control panel domain.



  • login ke cpanel anda dan parkir domain tersebut. ( jika anda mendaftar dengan subdomain gratisan).



  • Klik menu auto installer dan pilih wordpress. Anda akan diminta menginput beberapa data seperti username, password, email, dsb. Kemudian klik install.



  • Tunggu sampai proses installnya selesai 100 %. Selamat blog sobat sudah siap.

  • Sekarang sobat sudah bisa mengganti tema sesuai dengan keinginan, menginstall plugin-plugin penting untuk blog sobat. Dan mulailah membuat posting-posting sesuai dengan minat/hobi sobat sekalian

    Sekian posting tentang Cara membuat blog wordpress selfhost. Semoga Bermanfaat


    Wassalamualaikum
















    0 Response to "Cara Membuat blog Wordpress self Host di Hosting gratisan"

    Post a Comment

    Silahkan kritik dan sarannya. jangan titip link saya pasti akan kunjungi balik. yang sudah follow blog ini silahkan komentar di bawah biar saya follback biar gak ketinggalan kalau ada update terbaru..

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel