Search This Blog

6 Tahun Ngeblog, Apa Yang Saya Dapatkan?

Assalamualaikum

Awal mula saya mengenal blog saat itu pada tahun 2011 saat itu saya kelas 2 smk sekarang tahun 2018 itu berarti kurang lebih sudah 6 tahun.
Karena hobi saya baca, jadi pada saat itu saya lagi seneng-seneng searching artikel di google, saya ketemu sama salah satu blog yang gak mau saya sebutkan alamatnya karena ternyata blog tersebut cuma blog copy paste ( saat itu saya belum tau ya gan ). isi blognya itu tentang hal-hal unik dan aneh dari seluruh dunia. blognya emang gado-gado sih, tapi gak tau kenapa, setiap hari mantengin dan terus baca semua artikel yang ada di blog tersebut.
Dari situlah saya mulai tau kalau yang saya baca itu adalah sebuah blog. tertarik ngeblog, saya mulai cari info tentang apa itu blog, gimana cara buatnya dan apa yang bisa saya dapatkan dari ngeblog. bisakah saya mendapatkan uang dari blog.

Blog pertama
Tahun 2011 bermodal hp cina yang maksimal karakter cuma 512 ( kalau gak salah ), saya mulai ngeblog. blog pertama saya buat dengan menggunakan platform xtgem. teman-teman yang dulunya ngeblog pakai hp pasti pernah menggunakan platform yang satu ini.
Blog ini gak bertahan lama karena saya tidak suka dengan tampilannya yang berantakan dan dari sisi SEO juga susah bersaing.

Blog kedua
Sekitar tahun 2012 saya membuat blog baru dengan platform baru juga tapi masih menggunakan hp cina kesayangan saya. saat itu saya pakai mywapblog. mywapblog cukup populer di kalangan blogger ponsel.
tampilannya yang simpel sangatlah cocok buat kita  yang ngeblog cuma bermodalkan hp saja.
Saya mulai ngeblog tapi saya gak tau mau nulis apa, karena saya emang gak punya bakat Buat nulis. akhirnya saya cuma jadi blogger copy paste.
isi blog saya cuma artikel orang yang saya cari di internet kemudian saya copy ke blog. lama kelamaan blog ini sudah terindex google dan mulai ada pengunjung nya. sebagai blogger pemula tentu saja sangat senang tulisan kita ada yang baca walaupun cuma artikel copas.

Blog ketiga
Ngeblog di Mywapblog sampai 2015. saya mulai berpikir untuk membuat blog baru yang lebih baik daripada yang sebelumnya yang lebih SEO friendly tentunya.
Kali ini saya memilih blogspot atau Blogger sebagai platform blog saya.
seperti yang kita tahu bahwa blogger adalah bagian dari raja search engine Google.
tentunya berharap blog ini lebih SEO friendly dan saya mulai berpikir untuk pensiun menjadi blogger copas dan mulai belajar menulis artikel sendiri walaupun tidak punya bakat menulis tapi saya tetap berusaha agar sebisa mungkin tidak mengcopy tulisan orang lain.

Membeli Top Level Domain.
Agar lebih mudah di terima google adsense, Pada tahun 2016 saya memutuskan membeli TLD atau Top level domain yang berekstensi dot com dengan kontrak 2 tahun langsung. belinya di idwebhost bagi teman-teman yang pengen domain dot com boleh ke idwebhost langsung.
tapi sangat disayangkan sekali teman-teman karena kesibukan kerja di dunia nyata yang membuat saya tidak bisa mengurus blog ini.
selama hampir 1.5 tahun gak ada postingan sama sekali, aduh niat mau serius ngeblog sampai bela-belain beli TLD eh malah di biarin gitu aja.

Apa yang saya dapat dari ngeblog
Sudah sekian lama saya mengenal yang namanya blog mulai dari 2011 sampai sekarang. dari masih pakai hp jadul sampai sekarang punya komputer dari yang belum dot com sampai dot com, saya belum dapat rupiah sepeserpun dari blog.
blog saya yang dulu bisa di katakan cukup ramai tapi karena isinya cuman copas jadi blog saya ditolak google adsense. saya tidak bisa memonetisasi blog. berulang kali saya mencoba mendaftar di google adsense berulangkali juga ditolak.
saya nyerah, akhirnya nyoba pakai domain dot com. karena katanya google adsense lebih mudah menerima blog yang sudah TLD.
Tapi, karena suatu pekerjaan, Sangat sulit untuk dapat waktu luang buat ngeblog.
saya memutuskan untuk berhenti sejenak kegiatan ngeblog dan mulai fokus dengan kerjaan saya.

Kesimpulan
Nyari duit dari ngeblog itu gak gampang tapi bukan tidak mungkin ya. teman-teman harus benar-benar fokus agar blognya bisa mendapatkan visitor yang stabil harus rajin posting, isi postingan semenarik mungkin agar orang tertarik membaca blog anda. anda juga harus sering-sering blog walking.
Bagi saya ngeblog cuma hobi aja, saya sudah gak mau nyari duit dari blog sekarang karena kenyataannya nyari duit dari blog itu susah.
kita harus realistis aja, berapa banyak waktu yang tebuang karena ngeblog tapi kita cuma dapet 2-3 dollar yang kalau di rupiah 40 ribuan,
saya berpikirnya begitu. teman-teman mungkin punya pendapat berbeda ya gak apa-apa.
saya senang nulis walaupun tulisan acak acakan. ada satu dua orang yang baca tulisan saya itu sudah membuat hati senang.
Sampai disini aja teman-teman cerita saya ngeblog dari dulu sampai sekarang, yang punya pengalaman ngeblog juga boleh kasih link cerita kalian di kolom komentar. terimakasih

wassalamu'alaikum

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Tahun Ngeblog, Apa Yang Saya Dapatkan?"

Post a Comment

Silahkan kritik dan sarannya. jangan titip link saya pasti akan kunjungi balik. yang sudah follow blog ini silahkan komentar di bawah biar saya follback biar gak ketinggalan kalau ada update terbaru..

Featured Post

Bukti Cinta Masyarakat Aceh Untuk NKRI

Aceh adalah suatu provinsi paling barat indonesia dengan mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Syariat Islam adalah sebuah hukum ya...