Bukti Cinta Masyarakat Aceh Untuk NKRI

Aceh adalah suatu provinsi paling barat indonesia dengan mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Syariat Islam adalah sebuah hukum yang mengatur dalam berkehidupan masyarakat aceh.
Aceh pernah di dera Konflik berkepanjangan antara GAM dan TNI. GAM adalah sebutan untuk "gerakan aceh merdeka", Ketidakpuasan terhadap pemerintahan kala itu membuat Gerakan aceh merdeka mencuat ke depan yang menuntut agar Aceh berpisah dari NKRI dan membuat negara sendiri. konflik ini banyak memakan korban bukan hanya anggota GAM dan TNI saja yang menjadi korban "perang saudara ini" tapi masyarakat sipil pun ikut jadi korban.
Tahun 2004 tsunami datang menyapu pesisir pantai aceh. Mungkin tuhan mulai bosan melihat konflik yang tak kunjung usai. ratusan ribu korban jiwa dan ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggalnya yang rata dengan tanah disapu air bah maha dahsyat ini. Simpati dan bantuan terus berdatangan kala itu baik dari saudara-saudara yang ada di Indonesia maupun bantuan dari luar negeri. tsunami juga membuktikan bahwa kita "Indonesia" memiliki rasa persaudaraan dan persatuan yang sangat kuat. bantuan terus mengalir ke posko-posko bencana sumbangan bukan hanya berupa uang tapi juga pakaian. hampir semua daerah di Indonesia ikut membantu masyarakat aceh saat itu.
Perdamaian aceh pun datang setelah tsunami berlalu. melalui MOU di Helsinki GAM dan TNI resmi berdamai.
Dari sedikit cerita di atas, mungkin menurut orang non aceh pasti menganggap orang aceh tidak cinta terhadap NKRI kalau cinta pun cuma separuh hati. tapi, menurut saya orang aceh itu memiliki rasa cinta terhadap indonesia atau NKRI mungkin lebih dari daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. bisa dilihat dari sejarah saat indonesia sebelum atau baru-baru merdeka. berikut ini beberapa bukti cinta rakyat aceh untuk NKRI.

Menyumbang untuk membeli pesawat pertama RI

images : tribunnews.com
Nyak Sandang, Nama yang sedang viral saat ini merupakan salah satu orang yang berjasa dalam membeli pesawat pertama indonesia yaitu "RI dakota 001 seulawah". sebenarnya masih banyak rakyat aceh lain yang ikut andil tapi mungkin hanya nyak sandang yang masih hidup dan menyimpan surat obligasi tersebut dengan baik.
Sumbangan 100 perak waktu itu cukup besar mengingat nyak sandang harus menjual sepetak kebun kelapanya.
Tak hanya kaum lelaki saja, para wanita acehpun ikut menyumbang sebagian hartanya.
Para wanita Aceh merelakan  cincin, kalung, anting, dan segala perhiasan emas peraknya yang kemudian dikumpulkan untuk ditukar dengan uang. dengan uang tersebut lah pesawat yang diberi nama "seulawah" itu dibeli. nama "seulawah" sendiri berasal dari nama sebuah gunung yang terletak di aceh.

Menyumbang emas di monas

images : merahputih.com
Monumen Nasional atau yang disingkat monas merupakan ikon ibukota Jakarta. terletak di lapangan merdeka, Jakarta pusat. monas mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan mulai di buka untuk umum 12 Juli 1975. Monas memiliki tinggi 132 meter atau sekitar 433 kaki.
Siapa yang pernah ke monas tentu yang dilihat pertama adalah puncaknya yang berlapis emas.
tapi tahukah Anda bahwa bongkahan emas seberat 38 kg itu sebagian merupakan hasil sumbangan dari orang aceh.
Teuku Markam adalah penyumbang 28 kg emas yang ada di puncak Monas.
Teuku Markam merupakan seorang pengusaha, PT karkam merupakan perusahaan miliknya.

Itulah Beberapa sejarah yang membuktikan bahwa masyarakat aceh sangat cinta dengan NKRI. terlepas dari semua konflik yang pernah terjadi.

Terimakasih buat yang sudah baca tulisan ini.

0 Response to "Bukti Cinta Masyarakat Aceh Untuk NKRI"

Post a Comment

Silahkan kritik dan sarannya. jangan titip link saya pasti akan kunjungi balik. yang sudah follow blog ini silahkan komentar di bawah biar saya follback biar gak ketinggalan kalau ada update terbaru..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel