Dampak negatif penggunaan headset untuk telinga anda


Menggunakan headset memang telah menjadi kebiasaan sehari-hari yang sulit dipisahkan, terutama di kalangan anak muda. Dengan headset anda dapat mendengarkan musik yang bertujuan untuk memecah kesunyian yang sedang melanda pikiran anda ataupun menelpon kerabat anda. Dibalik penggunaannya yang mudah dan praktis serta sangat membantu anda, ternyata headset juga menyimpan sejuta resiko yang berdampat buruk untuk kesehatan indera pendengaran dan otak anda. Resiko semakin meningkat apabila anda sering memakai headset dengan volume keras dan penggunaannya yang berlebihan

Berikut ini saya telah merangkum beberapa efek negatif  dari penggunaan headset.

1. Kerusakan telinga permanen
Telinga akan rusak secara permanen apabila anda terlalu sering menggunakan headset. Hal ini disebabkan aliran suara headset yang langsung terhubung ke dalam gendang telinga, lama-kelamaan fungsi dari gendang telinga akan terganggu hingga akhirnya rusak secara permanen dan tidak lagi peka terhadap suara.

2. Gangguan pendengaran di usia muda
Kerusakan telinga karena menggunakan headset tidak mengenal batasan usia. Di usia mudapun anda bisa mengalami gangguan telinga yang sangat serius. Terlebih lagi anak muda zaman sekarang tidak pernah bisa lepas dengan yang namanya smartphone, dan yang lebih parahnya lagi sembari bermain dengan smartphone, headset selalu terpasang di telinganya. Biasanya efek kerusakan telinga mulai dirasakan ketika anda sudah berumur 20 tahun ke atas.

3. Kerusakan otak
Penggunaan headset yang berlebihan juga memicu kerusakan otak. Hal ini dikarenakan gelombang suara elektromagnetik yang masuk langsung melalui gendang telinga mengganggu jalannya listrik di otak, hingga pada akhirnya impuls saraf terganggu. Tentu hal ini bisa membuat otak kita akan rusak suatu saat nanti.

Itulah tadi beberapa dampak negatif dari penggunaan headset terhadap indera pendengaran anda. Batasi penggunaan headset dan ketika menggunakannya jangan menggunakan volume tinggi akan tetapi gunaknguna di bawah ambang batas maksimal, yakni 40 desibel. Semoga beberapa informasi diatas bermanfaat untuk anda, dan saya juga berharap anda dapat mengurangi penggunaan headset agar anda tidak mengalami kerusakan telinga.
Kunjungi blogger Aceh setiap hari, karena anda akan mendapatkan berbagai informasi unik, menarik, inspiratif, edukatif dan tentunya berdampak positif serta menambah wawasan anda dalam berbagai hal.

0 Response to "Dampak negatif penggunaan headset untuk telinga anda"

Post a Comment

Silahkan kritik dan sarannya. jangan titip link saya pasti akan kunjungi balik. yang sudah follow blog ini silahkan komentar di bawah biar saya follback biar gak ketinggalan kalau ada update terbaru..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel