Featured Post

Mahkluk misterius di laut terdalam palung mariana

Hidangan mie dengan cita rasa menggugah selera

Mie merupakan makanan yang telah lama populer di berbagai negara,tidak terkecuali di Indonesia. Mie instan dengan berbagai merek pun muncul. Harganya yang murah ditambah rasanya yang lezat membuat mie instan digandrungi oleh berbagai kalangan, terutama kaula muda. Mengonsumsi mie memang telah menjadi kebiasaan sehari-hari penduduk di Indonesia, di berbagai pelosok daerah Indonesia juga mempunyai hidangan mie yang beragam, hal ini terjadi karena adanya akulturasi dari berbagai budaya yang menyebabkan terbentuknya hidangan  mie tersebut. Berikut ini saya telah merangkum beberapa  hidangan mie populer dari berbagai pelosok tanah air.

1. Mie Aceh

Siapa yang tidak kenal dengan hidangan mie lezat yang berasal dari negeri serambi mekah ini. Mie Aceh memang sudah terkenal ke seantero negeri, perpaduan antara mie kuning yang ditambahkan dengan bumbu kari serta irisan dari berbagai sayuran memang memiliki citarasa yang menggugah selera. Terutama saat berbagai bumbu tersebut dimasukkan, aroma langsung menyeruak ke seluruh ruangan, aromanya yang begitu tajam langsung menusuk hidung hingga masuk sampai ke hati sanubari. Dan membuat anda tidak sabar untuk segera menyantapnya. Kemunculan mie aceh terjadi karena adanya perpaduan antara budaya Aceh dengan budaya india, hal ini terlihat dari penggunaan bumbu kari yang merupakan bumbu khas dari negeri hindustan tersebut. Terdapat beberapa cara penyajian Mie Aceh seperti, mie aceh goreng, rebus dan goreng basah. Mie Aceh yang paling populer ialah yang menggunakan kepiting, udang atau seafood lainnya. Mie Aceh disajikan dalam sebuah piring yang ditambah dengan berbagai topping seperti acar timun dan bawang, kerupuk, irisan tomat serta kacang tanah. Seporsi mie aceh mempunyai kenikmatan yang tiada tara, memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya dan membuat anda ketagihan.  Untuk menyantap mie aceh, anda tidak perlu jauh-jauh ke daerah asalnya, karena di berbagai kota besar warung mie aceh telah berjamuran dimana-mana. Contohnya seperti Jakarta, di kota metropolitan ini sudah banyak sekali perantau Aceh yang menyajikan hidangan mie aceh dengan citarasa yang menggugah selera serta harganya yang terjangkau.

2. Soto Mie Bogor

Mie yang satu ini  berasal dari kota hujan Bogor. Hidangan mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu membuat siapa saja tergoda, kemudian ditambah berbagai bahan lain yang semakin melengkapi kenikmatannya. seperti jeroan, sayur, bihun, tomat, kol, seledri, kentang, bawang goreng, irisan risol serta perasan jeruk nipis yang semakin menambah kesegaran dari soto mie bogor.  Kuliner mie yang satu ini tentu harus anda coba karena rasanya yang begitu nikmat, anda tidak harus jauh-jauh ke Bogor untuk menyantapnya, karena penjual soto mie bogor telah menjamur di berbagai kota besar di Indonesia.

3. Mie ongklok

Mie ongklok merupakan mie yang berasal dari dataran tinggi Dieng Bondowoso, Jawa timur. Kata ongklok sendiri mempunyai arti keranjang dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie. Mie ongklok terbuat dari mie kuning dengan siraman kuah kaldu yang ditambah irisan kol, daun bawang, serta bawang goreng. Biasanya mie ongklok disantap dengan tambahan sate.

4. Mie Kocok



Satu lagi kuliner khas Bandung yang memiliki citarasa  menggugah selera, yaitu mie kocok. Mie kocok merupakan olahan mie khas dari kota kembang, Bandung. Mie kocok mempunyai kuah bening yang satu porsinya berisi dengan berbagai bahan seperti cacahan kol, seledri, daun bawang, taoge, bawang goreng serta potongan daging dan kikil sapi. Mie kocok memang telah menjadi kuliner yang begitu populer, tidak hanya di kota asalnya tetapi juga di berbagai kota besar di Indonesia. Hal ini terlihat dari menjamurnya pedagang mie kocok baik itu menggunakan gerobak atau di restoran bintang lima.

5. Mie Godok

Mie godok merupakan hidangan mie yang berasal dari kota pelajar, Yogyakarta. Dinamakan mie godok karena proses pembuatannya dengan cara direbus. Seporsi mie kuning yang disajikan dengan kuah bening, kemudian ditambah irisan daun bawang, tomat, seledri serta taoge akan memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya. Satu lagi yang unik dari proses pembuatan mie glodok yaitu menggunakan tungku arang, tentunya hal ini membuat citarasa mie glodok menjadi tambah nikmat.


0 Response to "Hidangan mie dengan cita rasa menggugah selera"

Post a Comment

Silahkan kritik dan sarannya. jangan titip link saya pasti akan kunjungi balik. yang sudah follow blog ini silahkan komentar di bawah biar saya follback biar gak ketinggalan kalau ada update terbaru..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel