Belajar tentang arti kehidupan dari tanaman padi


Ide ini muncul secara spontan dari dalam benak saya, ketika saya sedang melihat hijaunya hamparan sawah dengan tanaman padi  yang  mulai agak menguning dan tumbuh dengan begitu subur. Kala itu saya sedang memantau perkembangan pertumbuhan padi di pematang sawah yang ada di belakang rumah.

Saya melihat ketika benih padi mulai berisi dia semakin merunduk dan merendahkan dirinya ke tanah, bahkan ketika ia semakin berisi dan hampir bisa dipanen ia semakin merunduk. Hal itu membuat saya berpikir bahwa kita sebagai manusia bisa belajar filosofi kehidupan dari tanaman padi, hingga akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel ini untuk mengisi waktu senggang dan tak tahu harus berbuat apa.

Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, kadang kala seseorang memiliki kelebihan di suatu bidang sedangkan di bidang lainnya ia tidak piawai sama sekali. Namun, jika kita dikaruniai kelebihan yang banyak tentu kita tidak boleh sombong dan membanggakan diri. Karena pada dasarnya sifat sombong dan jumawa itu merupakan sifat yang sangat tercela dan merugikan orang yang memiliki sifat tersebut.

Walaupun kita dikaruniai segudang kelebihan oleh sang maha kuasa kita tidak boleh jumawa dan menganggap diri kita selalu lebih baik dari orang lain, pada dasarnya sifat jumawa ialah selendang sang maha kuasa yang keagungannya tiada tara. Di hadapan sang maha kuasa kita semua sama dan yang membedakannya hanyalah iman dan taqwa. Oleh karena itu anda harus menjadi orang yang rendah hati sama seperti tanaman padi yang merunduk ketika semakin berisi.

Coba anda pikirkan, apakah kita ini bisa melakukan segala sesuatu sendiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain. Tentu jawabannya tidak, kita tetap butuh bantuan orang lain di setiap lini kehidupan kita. Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain setiap saat. Oleh karena itu, kita tidak boleh menyombongkan diri atas kelebihan yang kita miliki, karena kita pasti mempunyai kekurangan. Jadi intinya setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi satu sama lain.

Lalu bagaimana dengan anda yang dikarunia banyak kekurangan, anda tidak perlu khawatir karena masih banyak orang lain di luar sana yang mempunyai lebih banyak kekurangan daripada anda,  jadi lihatlah orang yang dibawah anda dan jangan melihat orang yang kondisinya lebih
 baik daripada anda, karena anda jauh lebih beruntung daripada mereka. Intinya anda harus mensyukuri segala anugerah yang telah dititipkan sang maha kuasa kepada anda, bahkan anda harus mensyukuri anugerah yang sekecil-kecilnya sebelum anugerah itu dicabut satu persatu. Jika kita bersyukur Allah SWT pasti akan menambahnya jikalau kufur sungguh azabnya sangat pedih.

Hidup ini merupakan anugerah yang tak ternilai harganya, setiap hembusan nafas menyiratkan sejuta asa  untuk terus berkembang dari masa ke masa. Berbagai ironi dan tragedi akan terus merajam kehidupan anda sampai akhir hayat. Karena seseorang akan menjadi lebih baik jika terus ditempa dengan berbagai ujian dan cobaan yang tidak perlu anda ratapi dengan penuh penyesalan, meskipun menyisakan perih dan luka yang semakin dalam. Seperti halnya emas yang harus ditempa terus menerus dalam panasnya bara api, tujuannya hanya satu untuk menghasilkan emas murni dengan kualitas tinggi. Jadi tetap jalani hidup ini dengan melakukan yang terbaik.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi anda sekalian.






0 Response to "Belajar tentang arti kehidupan dari tanaman padi"

Post a Comment

Silahkan kritik dan sarannya. jangan titip link saya pasti akan kunjungi balik. yang sudah follow blog ini silahkan komentar di bawah biar saya follback biar gak ketinggalan kalau ada update terbaru..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel